Rino, Rino and Ahmad, Nasir Ari Bowo and Joko, Wahono (2022) Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP Bina Jaya Banguntapan Bantul. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2988-7968
2988-7968_2_1_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (412kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelangi oleh permasalahan Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelementasi nilai-nilai Pancasila dalam menanggulangi kenakalan Siswa di SMP Bina Jaya Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi serta analisis deskriptif. Kesimpulan yangdihasilkan adalah bahwa upaya sekolah, guru, dalam menanamkan nilai-nilai pacasila dengan tujuan menumbuhkan moralitas dan kerakter yang mampu menanggulangi kenakalan siswa. Hasil observasi, wawancara menunjukkan bahwa kegiatan penerapan nilai-nilai Pancasila sudah maksimal dilakukan oleh sekolah dan guru dalam menanggulagi kenakalan Siswa di SMP Bina Jaya Banguntapan Bantul. Pembelajaran PPKn, diakui sebagai bahan ajar yang mampu memproteksi siswa dari jeratan kenakalan. Melalui pembelajaran PPKn dan pengamalan terhadap nilai-nilai ketuhanan sebagai mana termuat dalam pancasila dipercayai sebagai sentral bagi siswa-siswi untuk membentuk kerakter, moral, yang baik serta melindungi siswa dari perilaku menyimpang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai-nilai, Kenakalan siswa, Pancasila, Juvenile delinquency, Moral behavior, Ethics |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51060 |