Alfian, Fahrurrozhi and Dwi, Oktaviani and Dwi, Indah Lestari (2021) Penanaman nilai Pancasila dan semangat kebangsaan melalui pendidikan kewarganegaraan. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 1 (2): 1. pp. 62-71. ISSN 2988-7968
2988-7968_1_2_2021-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (361kB)
Abstract
Secara historis, pendidikan telah memberikan peran yang sangat penting dalam mengembangkan nilai semangat kebangsaan dalam masyarakat Indonesia pada setiap orang. Pada masa sekarang pendidikan, khususnya pendidikan kewarganegaraan, memiliki peran yang efisien dan penting serta berkontribusi penuh untukmelestarikan, dan meningkatkan nilai-nilai ideologis negara dan nasionalisme pada generasi penerus bangsa. pendidikan multikulturalisme dan konflik pendidikan. Pendidikan Kewarganegaraan harus dipahami semaksimal mungkin guna meningkatkan efisiensi generasi penerus. Ini berarti mengajarkan siswa untuk memecahkan masalah sosial secara kritis dan analitis serta menerapkan semangat ideologi dan nilai-nilai nasionalisme. Oleh karena itu. Pendidikan lewarganegaraan tidak hanya diajarkan sebagai transmisi tetapi juga diajarkan sebafai penyelidikan reflektif. Untuk itu, Indonesia mulai memperkuat pendidikan kewarganegaraan, mengintegrasikan pendekatan langsung dan tidak langsung pada pendidikan nilai dan mengharapkan siswa untuk menginternalisasi ideologi nasional dan nilai-nilai nasionalis sebagai keyakinan. Selain itu, beberapa prinsip proses belajar mengajar yang kuat juga harus dikomunikasikan kepada warga sekolah Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Historis, Semangat kebangsaan, Generasi muda, Historical Young Generation, Citizenship education, Nationalism, Pancasila |
Subjects: | Social and Political Sciences > Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:08 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/51051 |