Peranan metode kerja kelompok dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi PKn di SMP Patria Bantul

Eva, Rusdiana Tunggal Dewi and Heri, Kurnia (2021) Peranan metode kerja kelompok dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi PKn di SMP Patria Bantul. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 1 (1): 3. pp. 23-31. ISSN 2988-7968

[thumbnail of 2988-7968_1_1_2021-3.pdf] Text
2988-7968_1_1_2021-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penggunaan metode kerja kelompok dalam proses pembelajaran PKn di SMP Patria Bantul; dan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh metode kerja kelompok terhadap prestasi belajar siswa di SMP Patria Bantul. Asumsi dasar penelitian ini adalah bahwa metode kerja kelompok adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara siswa mengerjakan sesuatu (tugas) dalam situasai kelompok di bawahbimbingan guru. Melalui metode tersebut siswa diajarkan cara mengerjakan tugas secara berkelompok, sehingga prestasi belajar mereka akan lebih merata. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah para siswa SMP Patria Bantul sebanyak 103 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara analisis data kuantitatif dengan pendekatanstatistic persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode kerja kelompok sudah digunakan di SMP Patria Bantul, khususnya PKn. Penggunaan metode tersebut disesuaikan dengan topik-topik tertentu yang ada pada mata pelajaran PKn. Nilai prestasi belajar siswa yang menggunakan metode kerja kelompok rata-rata 75,38 lebih besar dibandingkan dengan nilai prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan metode kerja kelompok rata 60,41. Peeranan metodekerja kelompok dalam setiap proses belajar mengajar PKn di SMP Patria Bantul berpengaruh peningkatan prestasi belajar siswa. Sebab, hasil belajar menunjukkan lebih baik. Kesimpulannya adalah bahwa metode kerja kelompok berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PKn.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bidang studi PKn, Metode kerja kelompok, Citizenship education, Group discussion, Academic achievement
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:58
Last Modified: 31 Oct 2024 03:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51044

Actions (login required)

View Item
View Item