Putri, Syahrani and Sepriadi, Saputra and Fera, Indasari (2024) Video Youtube Najwa Shihab dalam analisis wacana kritis mengenai stereotipe perempuan. Journal of Islamic Communication, 2 (1): 4. pp. 59-69. ISSN 3032-646X
3032-646X_2_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (723kB)
Abstract
Di era digital ini, YouTube menjadi salah satu platform utama untuk berbagai jenis konten multimedia, seperti wawancara, diskusi, dan talk show. Najwa Shihab,seorang jurnalis dan presenter terkenal di Indonesia, adalah salah satu tokoh media populer di YouTube. Video Najwa Shihab, terutama dalam seri "Susahnya JadiPerempuan bagian 2," sering menarik perhatian karena membahas isu-isu gender dan perempuan dalam berbagai konteks sosial, politik, dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan resepsi khalayak terhadap stereotipe perempuan dalam video tersebut. Data disajikan secara deskriptif kualitatif dengan analisis wacana kritis (AWK) untuk menjelaskan persepsi individu dalam video tersebut. Metode ini fokus pada analisis wacana kritis dengan teori feminisme Ann Oakley. Penelitian mengidentifikasi beberapa stereotipe perempuan yang tercermin dalam konten video tersebut, yang secara tidak langsung memperkuat dan memperpanjang stereotipe gender yang merugikan perempuan dalam masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stereotipe perempuan, Analisis wacana kritik, Youtube, Gender, Critical discourse analysis, Women |
Subjects: | Communication > Sociopolitical Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:47 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/50982 |