Efektifitas media sosial instagram sebagai platform jual beli online ayam lumion

Monallisa, Monallisa (2024) Efektifitas media sosial instagram sebagai platform jual beli online ayam lumion. Journal of Islamic Communication, 2 (1): 1. pp. 1-22. ISSN 3032-646X

[thumbnail of 3032-646X_2_1_2024-1.pdf] Text
3032-646X_2_1_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas media sosial instagram sebagai platform jual beli online yang terdapat pada akun instagram ayam lumion. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion? c) efektivitas penggunaan Instagram. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori Teori Uses and Gratification untuk mengkajinya. Jenis penelitian ini ialah field research menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi dan observasi pada postingan yang ada di akun instagram Ayam Lumion. Seperti men screenshot beberapa postingan yang ada pada akun Instagran Ayam Lumion. Adapun data yang telah dikumpulkan dianalisis melalui tahapan display, reduksi data dan sampai di penarikan kesimpulan. Langkah ini mengikuti dari Miles, Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa. a) media sosial Instagram sebagai platform penjualan Ayam Lumion terbilang efektif yang kini tidak hanya mempunyai toko online akantetapi juga mempunyai toko offline dan kini sudah mempunyai dua cabang yang ada di jalan tanjung raya dua dan jalan swignyo kota pontianak. b) strategi pemasaran pada akun Instagram Ayam Lumion ialah dengan memposting berbagai kegiatan memasak dan berbagai macam varian menu yang tersedia, seperti membuat konten testimoni secara rutin dan aktif dalam membalas pesan dari para konsumen maupun pelanggan yang memberikan penilaian terhadap pesanan ayam lumion yang mereka beli. c) efektivitas penggunaan Instagram berdasarkan Teori Uses and Gratification, di era sekarang ini banyak khalayak yang dimudahkan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Seiring dengan lajunya perkembangan informasi membuat khalayak lancar mendapatkan berbagai jenis informasi yang tersebar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media sosial, Ayam lumion, Social media, Electronic commerce, Lumion chicken, Electronic commerce, Marketing techniques
Subjects: Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Nov 2024 06:38
Last Modified: 01 Nov 2024 06:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50978

Actions (login required)

View Item
View Item