Pengaruh pendidikan kesehatan tentang toilet training pada anak toddler berdasarkan the American Academy of Pediatrics Guide terhadap self-efficacy pada caregiver di Puspa Daycare

Kurnia, Meishinta Dewi and Windy, Rakhmawati and Ai, Mardhiyah (2024) Pengaruh pendidikan kesehatan tentang toilet training pada anak toddler berdasarkan the American Academy of Pediatrics Guide terhadap self-efficacy pada caregiver di Puspa Daycare. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (10): 22. pp. 4449-4464. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_10_2024-22.pdf] Text
2746-198X_4_10_2024-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)

Abstract

Diaper dermatitis merupakan kondisi yang rentan terjadi pada anak. Prevalensi diaper dermatitis cenderung berkurang saat anak berhenti menggunakan diapers dan mendapatkan toilet training. Toilet training merupakan tugas perkembangan yang harus dicapai oleh anak toddler, jika tidak dicapai maka akan berdampak pada fisiologis hingga psikologis anak, seperti infeksi saluran kemih, perasaan rendah diri, dan sosialisasi tidak adaptif. Inisiasi toilet training pada anak dilakukan oleh caregiver terutama orang tua di rumah, namun fenomena saat ini banyak orang tua bekerja sehingga anak dititipkan di daycare. Maka, pada kondisi anak di daycare, inisiasi toilet training pada anak toddler dilakukan baik oleh ibu yang menitipkan anaknya di daycare maupun oleh pengasuh di daycare. Keberhasilan toilet training dipengaruhi oleh self-efficacy pada caregiver yang dapat ditingkatkan melalui pendidikan kesehatan tentang toilet training pada anak toddler berdasarkan panduan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan tentang toilet training pada anak toddler berdasarkan The American Academy of Pediatrics Guide terhadap self-efficacy pada caregiver di Puspa Daycare. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan one group pre-test and post-test. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, didapatkan 33 partisipan. Instrumen self-efficacy diadaptasi dari General Self-Efficacy Scale (GSES). Analisa data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara self-efficacy sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan (p = 0,000). Simpulan pada penelitian ini adalah pendidikan kesehatan tentang toilet training pada anak toddler berdasarkan The American Academy of Pediatrics Guide berpengaruh terhadap peningkatan self-efficacy pada caregiver di Puspa Daycare. Pendidikan kesehatan tentang toilet training ini dapat menjadi intervensi bagi perawat anak dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada caregiver tentang toilet training pada anak toddler di daycare.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, The American Academy of Pediatrics Guidem, Health education, Caregiver, Daycare, Children Self-efficacy
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:33
Last Modified: 21 Oct 2024 07:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50718

Actions (login required)

View Item
View Item