Pengaruh kualitas pelayanan rehabilitasi medik terhadap kepuasan pasien di RSUD Kabanjahe

Cindy, Yuwinda Sari Tarigan and Juanita, Juanita and Siti, Khadijah (2024) Pengaruh kualitas pelayanan rehabilitasi medik terhadap kepuasan pasien di RSUD Kabanjahe. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (10): 21. pp. 4434-4448. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_10_2024-21.pdf] Text
2746-198X_4_10_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB)

Abstract

Rehabilitasi medik merupakan salah satu bentuk pelayanan yang tersedia di rumah sakit yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang optimal. Kebutuhan akan pelayanan rehabilitasi medik terus meningkat dan diperkirakan lebih dari 2,6 milyar penduduk dunia membutuhkan pelayanan ini. Untuk menjamin pasien rehabilitasi medik mematuhi rencana terapi yang diberikan, pasien perlu untuk memiliki pengalaman rehabilitasi medik yang memuaskan, dan untuk memperoleh kepuasan tersebut, penyedia layanan perlu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Kualitas pelayanan rehabilitasi medik terhadap kepuasn pasien. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan potong-lintang yang dilakukan di RSUD Kabanjahe dengan melibatkan 106 pasien rehabilitasi medik. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kuesioner dan protokol yang digunakan pada penelitian ini telah dinyatakan layak etik oleh Komite Etik Penelitian Kesehatan Universitas Sumatera Utara. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa jumlah responden yang merasa puas dan kurang puas dengan pelayanan yang mereka terima adalah sama, dan 51,89% responden merasa dimensi tangibility berkualitas baik, 54,72% responden merasa dimensi reliability berkualitas baik, 65,09% responden merasa dimensi responsiveness berkualitas baik, 52,83% responden merasa dimensi assurance berkualitas baik, dan 50,94% responden merasa dimensi empathy berkualitas baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dimensi tangibility dengan kepuasan pasien (p<0,001), kualitas pelayanan dimensi reliability dengan kepuasan pasien (p<0,05), kualitas pelayanan dimensi assurance dengan kepuasan pasien (p<0,05), dan kualitas pelayanan dimensi empathy dengan kepuasan pasien (p<0,001). Berdasarkan temuan ini disarankan bagi klinik rehabilitasi medik RSUD Kabanjahe untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien klinik rehabilitasi medik RSUD Kabanjahe.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fisioterapi, Kepuasan, Kualitas, Rehabilitasi medik, Patient satisfaction, Medical rehabilitation, Physiotherapy, Quality of services
Subjects: Health Resources > Health Services
Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:38
Last Modified: 21 Oct 2024 07:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50715

Actions (login required)

View Item
View Item