Muhammad, Al-Lail Qadri and Noor, Amirudin (2024) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam disiplin sholat siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 12. pp. 253-266. ISSN 2615-7225
2615-7225_7_2_2024-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (412kB)
Abstract
Didalam agama islam tentunya diajarkan sholat sebagai bentuk kedisiplinan seorang hamba kepada Rabbnya. Pada konteks kehidupan duniawi ini shalat adalah suatu proses terbangunya komunikasi antara seorang manusia sebagai hamba dengan penciptanya yakni Allah Azza Wajallah sebagai Sang Kholiq. Sebab shalat menjadi pemisah serta pembeda antara yang baik dan tidak baik. Sholat menjadi penyeimbang bagi dimensi kehidupan manusia, karena manusia akan mencapai dan berupaya menghadirkan Tuhan dalam proses kehidupannya. Karena sholat akan mencegah kepada kemungkaran. Dari hal tersebut menjadikan alasan dan tujuan peneliti mengambil judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas”. Metode yang digunakan dalam Peneliti dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa pada smp muhammadiyah 4 kebomas sebanyak 114 siswa. dalam hal ini sampel yang diambil yakni model simple random sampling dengan menggunakan rumus sloving 10 % berarti sampel sebanyak 31 siswa. pengumpulan data yang digunakan pada penilitian ini yakni metode Instrumen angket, observasi, dan analisis data. Analisis data yang di gunakan yakni kuantitatif koleratif secara koefisien korelasi. pengukuran yang digunakan untuk mngetahui menggunakan software SPSS dengan Langkah Pengujian ; Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Hipotesis. -Berdasarkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) antara variabel X dengan Variabel Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 sehinga berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Kesimpulan yang dapat ditarik dari perhitungan di atas adalah menerima pada Hipotesis Alternatif, yang menyatakan bahwa disiplin sholat siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dipengaruhi oleh pendidikan agama Islam. Serta menolak Hipotesis Null yang menyatakan Di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, pendidikan agama Islam tidak berpengaruh pada disiplin sholat siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agama islam, Disiplin, Sholat, Islamic religious education, Religious life, Spirituality |
Subjects: | Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 08:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/50505 |