Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran tadarus Al-Qur’an siswa

Ahmad, Ahmad and Ode, Mohamad Man Arfa Ladamay (2024) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran tadarus Al-Qur’an siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 9. pp. 221-230. ISSN 2615-7225

[thumbnail of 2615-7225_7_2_2024-9.pdf] Text
2615-7225_7_2_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB)

Abstract

SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Merupakan sekolah yang memiliki siswa yang latar belakang yang mempunyai kemampuan di bidang yang berbeda-beda, ada yang bagus di bidang umumnya dan ada pula yang bagus di bidang keagamaannya. Oleh karana itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan kesadaran tadarus al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 kebomas dengan menggunakan metode tajdied yang di gunakan di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan jenis penelitian yang dipakai ialah deskritif kualitif. Informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observsi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data akan di analisis menggunakan metode analisis datanya ialah deskriptif kualitatif. subjek penelitian berasal dari siswa dan guru PAI sekaligus ketua Ismuba. Sumber lain yang di gunakan peneliti ialah melalui dokumen dan jurnal jurnal seluruh kegiatan di SMP Muhammadiyah 4 kebomas. Dalam penelitian metode tajdied yang di gunakan, dapat terbukti sebagai metode utama yang efektif dan efisien untuk perkembangan belajar membaca dan menghafal al-Qur’an. Dan untuk kegiatan pembiasaan yang di lakukan yakni setiap hari sebelum masuk ke kelas masing-masing masing dengan pembagian siswa secara berkelompok yang sesuai dengan kemampuannya dengan menggunakan sistem kasikal, guru membaca ayat yang di pelajari atau di hafalkan lalu siswa akan merespon apa yang di baca oleh guru tersebut dan itu di lakukan secara berulang-ulang. Hasilnya dengan menggunakan metode yang seperti itu bagi siswa terbukti sangat efesien. Terlihat dari hasil perubahan atau perkembangan setiap siswa yang sudah mengikuti program ini sudah banyak perkembangan baik dari segi membaca al-Qur’an ataupun menghafalkan al-Qur’an.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan agama islam, Tadarus Al-qur’an, Islamic education, Learning strategies, Junior high school education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:06
Last Modified: 18 Oct 2024 08:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50491

Actions (login required)

View Item
View Item