Anyyul, Fariqoini (2024) Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 8. pp. 211-220. ISSN 2615-7225
2615-7225_7_2_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (300kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa terhadap kepatuhan siswa dalam mengikuti aturan di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian . Dengan adanya pemberian sansi terhadap siswa yang melakukan pelanggaran aturan tidak mematuhi tata tertib juga membantu memotivasi siswa untuk meningkatkan disiplin mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan fokus masalah yang diteliti Dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana cara mengimplementasikan tata tertib sekolah dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi tata tertib sekolah dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui cara mengimplementasikan tata tertib sekolah dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian adalah field riset atau (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan titik keabsahan data menggunakan metode triangulasi metode. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: satu implementasi tata tertib sekolah dalam Meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian sudah cukup baik: faktor pendukung dan penghambat implementasi tata tertib sekolah dalam Meningkatkan kedisiplinan kedisiplinan siswa di MTs Miftahul Ulum Bago Pasirian yakni dari faktor keluarga serta karakter siswa yang berbeda-beda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata tertib sekolah, Kedisiplinan siswa, Regulations, Self discipline, School discipline |
Subjects: | Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:22 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 08:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/50478 |