Analisis kebermanfaatan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era milenial

Inten, Pawestri (2024) Analisis kebermanfaatan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era milenial. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 7. pp. 201-210. ISSN 2615-7225

[thumbnail of 2615-7225_7_2_2024-7.pdf] Text
2615-7225_7_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebermanfaatan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era milenial. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei yang melibatkan 30 responden, yaitu siswa-siswa yang menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran PAI. Survei ini dirancang untuk mengumpulkan data mengenai efektivitas, frekuensi penggunaan, dan persepsi umum siswa terhadap YouTube sebagai alat bantu belajar. Instrumen survei mencakup pertanyaan-pertanyaan terkait tingkat pemahaman materi, peningkatan motivasi belajar, serta preferensi terhadap konten YouTube dibandingkan media pembelajaran lainnya. Hasil survei dan analisis data menunjukkan bahwa YouTube secara signifikan diakui dan dihargai sebagai platform yang efektif untuk pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam dan metode pengajaran interaktif. Mayoritas responden sangat setuju bahwa YouTube menyediakan berbagai konten pendidikan yang bermanfaat, membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami melalui visualisasi dan presentasi yang menarik. Secara keseluruhan, responden merasa terbantu dan puas dengan penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran, tanpa ada yang menyatakan ketidakpuasan atau ketidaksetujuan yang signifikan terhadap peran YouTube dalam pendidikan. Selain itu, analisis ANOVA menunjukkan bahwa kebermanfaatan YouTube berpengaruh positif terhadap partisipasi dalam pembelajaran, menyatakan bahwa YouTube adalah media pembelajaran yang efektif dan bermanfaat di era milenial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi YouTube, Media pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Era milenial, Mass media, Educational media, Islamic education, Student life
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:57
Last Modified: 18 Oct 2024 07:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50474

Actions (login required)

View Item
View Item