Self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik mahasiswa aktivis

Hakimah, Hakimah (2024) Self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik mahasiswa aktivis. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 6. pp. 189-200. ISSN 2615-7225

[thumbnail of 2615-7225_7_2_2024-6.pdf] Text
2615-7225_7_2_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (268kB)

Abstract

self-awareness berbasis nilai-nilai religius adalah kemampuan seseorang untuk memahami diri mereka dalam konteks nilai-nilai religius yang dianut. Hal ini mencakup pemahaman dan kekuatan, kelemahan. Dorongan, dan nilai-nilai yang sesuai dengan keyakinan agama, serta kemampuan untuk merefleksikan diri dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Salah satu persoalan yang menjadi hambatan prestasi mahasiswa adalah stres akademik. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah; Untuk mengetahui Faktor apa saja penyebab munculnya setres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso dan juga untuk memahami implementasi self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adanya peneliti menjadi instrumen kunci, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan instrumen tambahan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumen-dokumen berupa foto-foto kegiatan ataupun data software/hardware tentang kegiatan penelitian. Dalam prosesnya peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas, dan kofirmabilitas.Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah faktor penyebab stres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI At-Taqwa) Bondowoso dapat dilihat dari 5 aspek dari aspek biologis, aspek psikologis, aspek kognitif, aspek sosial dan aspek lingkungan. Dan implementasi Self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI At-Taqwa) Bondowoso melalui empat dimensi yang terdiri dari empat cara yang terdiri dari faktor lingkungan,faktor psikologis, faktor faktor psikologis perilaku

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self awarness, Relegius, Stres akademik, Religious education, Spirituality, Social life
Subjects: Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:49
Last Modified: 18 Oct 2024 07:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50470

Actions (login required)

View Item
View Item