Dimas, Yoga Pratama and Dhekis, Baskoro Aji and Ahmad, Yusam Thobroni (2024) Memberdayakan perempuan melalui Pendidikan Islam : perspektiif dan tantangan kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 4. pp. 167-178. ISSN 2615-7225
2615-7225_7_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (348kB)
Abstract
Isu-isu kontemporer mengenai pendidikan bagi perempuan ternyata masih problem dalam realitas kehidupan. Islam nyatanya menanggapi hal tersebut dan membantah isu atau realitas yang tidak benar mengenai perempuan yang dianggap termarginalkan oleh islam. Artikel ini mengeksplorasi perspektif kontemporer dan tantangan problematika kontemporer dalam upaya pemberdayaan perempuan Muslim melalui pendidikan. Penulisan dalam jurnal ini menggunakan metode kualitatif sebagai paradigma penelitiannya yang mana penelitian ini mengumpulkan data-data dengan menganalisis, menafsirkan suatu fakta, gejala-gejala dan peristiwa yang terjadi dan menarik kesimpulan dari data-data tanpa menggunakan angka maupun simbol-simbol. Dengan lebih memahami perspektif dan tantangan kontemporer mengenai isu-isu keperempuanan, artikel ini diharapkan dapat menambah informasi dan referensi berharga bagi pembaca untuk mengembangkan strategi dan kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan bagi perempuan. Hal ini lah yang ditekankan dalam islam kewajiban akan menimba ilmu pengetahuan dimana saja dan tak terbatasi oleh gender apapun, pendidikan perempuan dalam Islam itu inklusif dan memberikan peluang yang sama kepada seluruh perempuan untuk mengakses pendidikan yang berkualitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wanita, Pendidikan, Kontemporer, Islamic education, Empowerment, Womens education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/50456 |