Moderasi beragama sebagai pendekatan dalam pendidikan islam Indonesia

Badrul, Arifin and Hairul, Huda (2024) Moderasi beragama sebagai pendekatan dalam pendidikan islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 2. pp. 143-154. ISSN 2615-7225

[thumbnail of 2615-7225_7_2_2024-2.pdf] Text
2615-7225_7_2_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan keseimbangan, toleransi, dan kasih sayang dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya moderasi beragama dapat diterapkan dalam dunia pendidikan Islam melalui beberapa aspek, yaitu: 1) kurikulum yang menekankan pemahaman agama secara komprehensif dan kontekstual; 2) proses pembelajaran yang mendorong sikap saling menghargai perbedaan; dan 3) penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi praktik moderasi beragama. Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam diharapkan dapat mencetak generasi muda yang memiliki pemahaman agama yang moderat, toleran, dan mampu berkontribusi dalam menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Moderasi beragama, Pendekatan, Pendidikan Islam, Islamic education, Religious tolerance, Religious life
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:32
Last Modified: 18 Oct 2024 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50452

Actions (login required)

View Item
View Item