Muh, Fathan Mubiina Munief Fajri and Nurul, Humaidi and Fahrudin, Mukhlis (2024) Analisis konsep pendidikan anak dalam buku “Kaifa Nurabbi Awladana” relevansi dan implementasinya di era digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam (TARLIM), 7 (2): 1. pp. 123-142. ISSN 2615-7225
2615-7225_7_2_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (339kB)
Abstract
Pemahaman tentang pendidikan karakter anak dalam konteks ajaran Islam di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan, terutama dengan maraknya penggunaan media sosial sebagai sumber utama informasi. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis, mengkaji relevansi serta implementasi konsep pendidikan anak dalam Islam di era digital berdasarkan buku Kaifa Nurabbi Awladana karya Muhammad Bin Jamil Zainu. Beberapa metode pendidikan yang dibahas antara lain keteladanan, pembiasaan, dialog, cerita, dan praktik langsung. Penekanan diberikan pada peran penting keluarga, terutama orang tua, dalam membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis, mengkaji sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan. Pembahasan berpusat pada tafsir Surat Luqman ayat 13-19 sebagai landasan pendidikan anak, yang mencakup aspek tauhid, akhlak, dan ibadah. Pembahasan dalam penelitian ini dibandingkan dengan penelitian sebelumnya terletak pada kontekstualisasi konsep pendidikan anak dalam Islam, khususnya yang diuraikan dalam buku "Kaifa Nurabbi Awladana" karya Muhammad Bin Jamil Zainu, terhadap tantangan era digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pendidikan anak yang diuraikan dalam buku tersebut masih sangat relevan dan dapat diadaptasi untuk menghadapi kompleksitas dunia modern, dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Muhammad Bin Jamil Zainu, Kaifa Nurabbi Awladana, Islamic education, Muslim literature, Childrens literature |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:28 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/50446 |