Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih tabungan wadi’ah di PT Bank Riau Kepri Syariah Capem Siak Lubuk Dalam

Angga, Dasma Hendra and Rino, Riyaldi (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih tabungan wadi’ah di PT Bank Riau Kepri Syariah Capem Siak Lubuk Dalam. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan (MBISKU), 1 (1): 6. pp. 50-59. ISSN 3047-4914

[thumbnail of 3047-4914_1_1_2024-6.pdf] Text
3047-4914_1_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah bank riau kepri syariah dalam memilih tabuangan di PT. Bank Riau Kepri Syariah Capem Siak Lubuk Dalam. Preferensi konsumen juga diartikan sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap suatu produk, barang atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan. Jenis Penelitian ini kuantitatif merupakan penelitian lapangan field research. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 23. Serta untuk mengetahui faktor faktor yang memepengaruhi religiusitas, pengetahuan, produk bank, sosial dan psikologis terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk tabungan wadiah di pt brk syariah digunakan analisis logistik dengan dibantu alat uji yaitu IBM SPSS 23.0. Hasil analisis logistik menunjukkan bahwa faktor religiusitas, pengetahuan, produk bank, sosial, dan psikologis berpengaruh terhadap preferensi nasabah memilih produk tabungan wadiah di BRK syariah, tetapi terdapat salah satu faktor yaitu produk bank dimana merupakan faktor yang paling utama dengan persentase yang tinggi dibandingkan faktor-faktor yang lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbankan syariah, Religiusitas, Pengetahuan, Sosial, Psikologis, Preferensi Menabung, Islamic banks, Religious beliefs, Savings banks
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Wisna Romdona
Date Deposited: 16 Oct 2024 14:05
Last Modified: 16 Oct 2024 14:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50382

Actions (login required)

View Item
View Item