Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu di Klinik Umum Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta

Arliyanti, Arliyanti and Rahayu, Khairiah (2024) Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu di Klinik Umum Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (10): 9. pp. 3973-3980. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_10_2024-9.pdf] Text
2655-2728_6_10_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (203kB)

Abstract

Menurut data WHO, di seluruh Amerika Serikat dan Eropa, kepuasan konsumen memainkan peran yang semakin penting dalam kualitas reformasi perawatan dan kesehatan. Sistem antrian di pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit menjadi permasalahan yang pelik. Hal ini dikarenakan waktu tunggu pasien mulai dari mendaftar sampai masuk ke ruang pemeriksaan lebih lama dari pada tindakan pelayanan yang diterima. Lamanya waktu tunggu dapat mempengaruhi nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Hasil studi pendahuluan melalui wawancara terhadap 10 pasien rawat jalan di Klinik Umum didapatkan 90% mengatakan waktu tunggu mulai dari pendaftaran sampai dengan pelayanan dokter memakan waktu > 60 menit, dan hanya 10% yang mengatakan waktu tunggu pelayanan ≤ 60 menit. Mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu. Analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berobat jalan di Klinik Umum RS. Pelabuhan pada bulan Desember 2023 sebanyak 112 orang. Instrument penelitiannya adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan randoom sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Distribusi frekuensi kepuasan pasien sebagian besar responden mengatakan puas (69,6%), dan waktu tunggu > 60 menit (77,7%). Ada hubungan waktu tunggu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan (p. value 0,003). Ada hubungan waktu tunggu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Klinik Umum RS Pelabuhan Jakarta. Diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan lebih cepat lagi sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, Waktu tunggu, Rumah sakit, Patient satisfaction, Hospitals, Waiting lists
Subjects: Health Resources > Health Services
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:34
Last Modified: 10 Oct 2024 04:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50246

Actions (login required)

View Item
View Item