Manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP Holy Faithful Obedient Depok

Alexander, Kota and Irawan, R.D. Budianto (2024) Manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP Holy Faithful Obedient Depok. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi (JEBISMA), 1 (3): 5. pp. 1-15. ISSN 3030-9743

[thumbnail of 3030-9743_1_3_2024-5.pdf] Text
3030-9743_1_3_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (710kB)

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMP Holy Faithful Obedient Depok melalui pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai teknik dalam mengumpulkan datanya. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen pemasaran melalui bauran atau strategi pemasaran marketing mix pada jasa pendidikan sebagai alat bantu taktis promosi produk keunggulan sekolah dengan 7P (process, pshycal evidence, people, promotion, place, price, and product) sudah berjalan cukup baik dalam meningkatkankepuasanpelanggannyadiSMP Holy FaithfulObedient Depok. Meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahun menjadi bukti dari pernyataan tersebut. Terdapat tiga unsur yang mendominasi bauran pemasaran dalam memberikan pengaruh pada kepuasan pelangganya seperti pada program unggulan bidang akademik dan non-akademik. Namun hasil outputnya belum seperti yang diharapkan. Penyelenggaraan pendidikan di SMP Holy Faithful Obedient Depok telah berjalan dengan baik, dan telah memanfaatkan sumber daya yang ada. Proses kegiatan belajar mengajar cukup kondusif, didukung kondisi lokasi yang tenang jauh dari pusat keramaian dan kesibukan ekonomi. Namun, hasil outputnya belum seperti yang diharapkan. Kegiatan akademik dan non akademik belum mencapai dalam prestasi yang optimal. Adapun biaya yang harus dikeluarkan merupakan peran serta masyarakat atau sumbangan biaya pendidikan dari hasil di rapat antara orang tua wali dan pihak sekolahserta sebagianbiaya gratis yang diberikanolehpemerintah. SMP HolyFaithful Obedient Depok merupakan Sekolah yang terletak di daerah kota Depok. SMP Holy Faithful Obedient Depok melaksanakan program pembelajaran dengan berpedoman pada Kurikulum Merdeka untuk Kelas VII dan Kurikulum 2013 berlaku kelas VIII dan IX.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran, Kepuasan pelanggan, Strategi bauran pemasaran, Jasa pendidikan, Marketing manajemen, Marketing strategy, Junior high school education
Subjects: Economics and Business
Depositing User: Rizki Ismail Hidayat
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:51
Last Modified: 18 Oct 2024 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item
View Item