Pengembangan instrumen evaluasi teaching factory Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif

Dwi, Yunanto and Trie, Hartiti Retnowati and Sri, Wening (2024) Pengembangan instrumen evaluasi teaching factory Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif. Jurnal Pendidikan Seni dan Industri Kreatif (Sendikraf), 5 (1): 7. pp. 52-62. ISSN 2746-3605

[thumbnail of 2746-3605_5_1_2024-7.pdf] Text
2746-3605_5_1_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (294kB)

Abstract

Penelitiaan dilatarbelakangi oleh program Teaching Factory (TEFA) yang belum dilakukan evaluasi yang komprehensif. Salah satunya belum adanya instrument evaluasi yang komprehensif. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk 1) Menemukan konstruk instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi teaching factory SMK, 2) Menentukan karakteristik kualitas instrumen teaching factory SMK, 3) Menemukan hasil analisis instrumen teaching factory SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan instrument untuk pelaksanaan TEFA di sekolah. Berdasarkan hasil analisis dari 57 butir pertanyaan instrumen penilaian Input, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan butir cocok terhadap model atau model fit. Karena telah memenuhi syarat butir dikatakan fit terhadap model pada program winstep, antara lain jika nilai Outfit MNSQ sebesar 0,5 sampai dengan 1,5 atau nilai Outfit ZSTD sebesar -2 sampai dengan 2, atau Pt-measure Corr bernilai positif maka dapat dikatakan butir tersebut fit atau cocok terhadap model.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Evaluasi, TEFA, SMK, Industrial technicians, Evaluation research, School environment
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Zahra Wenning Tyas
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:50
Last Modified: 18 Oct 2024 06:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49997

Actions (login required)

View Item
View Item