Rizal, Triana (2024) Penggunaan aplikasi Gamelanku sebagai media pembelajaran seni musik. Jurnal Pendidikan Seni dan Industri Kreatif (Sendikraf), 5 (1): 2. pp. 11-17. ISSN 2746-3605
2746-3605_5_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (400kB)
Abstract
Pendidikan modern menghadapi tantangan global yang kompleks, seperti kesenjangan akses dan kurangnya minat siswa. Dalam konteks ini, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran menjadi kunci keberhasilan. Dan hasil kajian ini bertujuan untuk melihat pengalaman siswa dalam menggunakan aplikasi musik digital di kelas. Dengan menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan wawancara mendalam dan observasi untuk memahami bagaimana aplikasi tersebut mempengaruhi proses pembelajaran mereka. Setelah dicermati hasil kajian ini menunjukkan aplikasi "Gamelanku" dapat dijadikan alternatif solusi inovatif dalam pembelajaran seni musik, sekaligus memanfaatkan instrumen gamelan virtual untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Integrasi aplikasi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan interaktif, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif. Meskipun demikian, aplikasi ini sebaiknya hanya digunakan sebagai pelengkap pembelajaran, dan tidak menggantikan pengalaman belajar secara langsung dengan alat musik konvensional. Kesimpulannya, integrasi aplikasi multimedia seperti aplikasi Gamelanku memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan seni musik di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pembelajaran, Seni musik, Teknologi, Aplikasi Gamelanku, Educational development, Electronic learning, Cultural education |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Applications Software Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Zahra Wenning Tyas |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 06:19 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 06:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49985 |