Menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran PAK, melalui pendekatan cooperative learning bagi siswa fase E (X-1) SMA Negeri 1 Ende

Lita, Lambertus (2022) Menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran PAK, melalui pendekatan cooperative learning bagi siswa fase E (X-1) SMA Negeri 1 Ende. EDUCARE Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Katolik, 8 (2): 12. pp. 193-200. ISSN 2355-8342

[thumbnail of 2355-8342_8_2_2022-12.pdf]
Preview
Text
2355-8342_8_2_2022-12.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
Official URL: http://

Abstract

Cooperativ e-learning adalah pembelajaran dimana peserta di dik bekerja dalam kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari bahan ajar, menurut Warsono dan Har i yanto(2013: l 75). Penelitian ini dilakukan dalam dua fase pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar profil pelajar Pancasila dan prestasi belajar peserta didik di kelas X­I (fase E ) SMA Negeri I Ende, tahun pelajaran 2022-2023, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dengan sub topik: "Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan". Penelitian ini mengacu pada model Arikunto dkk (2007 : 57), yang terdiri dari empat komponen: perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X-1 (fase E) SMA Negeri I Ende, selama 2 X 45 menit jam pelajaran. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dan analisis komparatif. Dari hasil a na l is i s Assesmen Tengah Semester (ATS) tcrhadap peserta didik , menunjukkan sebagai berikut: (I) Cooperative Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar profil pelajar Pancasila. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai basil observasi terhadap aktivitas belajar peserta didik mcncapai 62,70% (rendah) pada fasc pertama (I), dan meningkat 96,05% (Sangat Tinggi) pada fase kedu a (II). Basil Assesmen Tengah Semester (ATS) peserta didik fase E (X-1) setelah pelaksanaan kegiatan pcmbelajaran dengan metode cooperative learning mengalami peningkatan, rata-rata persentase skor penilaian : 59,00 pada fase pertama (I) dan 95,00% pada fase kedua (II).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pelajar Pancasila, Cooperativ e-Leaming
Subjects: Social and Political Sciences > Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Mr. Jaenudin -
Date Deposited: 26 Mar 2025 07:50
Last Modified: 26 Mar 2025 07:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49977

Actions (login required)

View Item
View Item