Pengembangan learning management system sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan desain grafis di Balai Latihan Kerja Singosari

Herfyan, Omar Zidan and Eka, Pramono Adi and Otto, Fajarianto (2024) Pengembangan learning management system sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan desain grafis di Balai Latihan Kerja Singosari. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1 (1): 9. pp. 46-50. ISSN 3062-9454

[thumbnail of 3062-9454_1_1_2024-9.pdf] Text
3062-9454_1_1_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) berbasis situs web sebagai media pembelajaran untuk peserta pelatihan desain grafis di Balai Latihan Kerja (BLK) Singosari. LMS ini diharapkan mampu meningkatkan akses dan fleksibilitas pembelajaran bagi peserta, serta mempermudah instruktur dalam menyampaikan materi dan penugasan secara terstruktur. Pengembangan LMS dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli media menyatakan seluruh aspek telah valid, sedangkan ahli materi menyatakan seluruh aspek telah valid. Respons peserta pelatihan juga menunjukkan hasil yang sangat baik dan mayoritas peserta mengalami peningkatan dalam pembelajaran. LMS ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam pelatihan desain grafis, terutama untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem pengelolaan pembelajaran, Pelatihan, Desain grafis, Media pembelajaran, Educational technology, Multimedia instruction, Graphic arts
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Administration & Management > Job Training & Career Development
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 19 Oct 2024 09:46
Last Modified: 19 Oct 2024 09:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49833

Actions (login required)

View Item
View Item