Dimas, Arya Putra and Dedi, Kuswandi and Citra, Kurniawan (2024) Analisis manajemen kurikulum pelatihan educourse.id. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1 (1): 8. pp. 38-45. ISSN 3062-9454
3062-9454_1_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (347kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum pelatihan educourse.id. Hasil yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pebelajar sebagai tenaga kerja berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini mengindikasikan bahwa kurikulum yang digunakan efektif dalam meningkatkan kompetensi pebelajar. Pelatihan dilakukan melalui kombinasi metode daring dan luring dengan pengawasan sistematis dan evaluasi berkala. Selain itu, penerapan Training Need Analysis (TNA) dilakukan untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan pebelajar. Penelitian ini menyarankan pentingnya soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam uji pemahaman serta penyesuaian kurikulum berdasarkan analisis kebutuhan dan perkembangan zaman. Selain itu, peningkatan kualitas uji soal, penciptaan lingkungan belajar yang kondusif, peningkatan komunikasi dan kolaborasi, serta monitoring dan penjaminan mutu yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas program pelatihan dan daya saing nasional dan internasional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum, Kompetensi pebelajar, Pebelajar, Pelatihan, Educational management, Competence, Educational personnel training |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 09:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 09:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49832 |