Naufalul, Fikri Amarulloh and I, Nyoman Sudana Degeng and Otto, Fajrianto (2024) Analisis potensi karakter vtuber sebagai media dalam program pelatihan. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1 (1): 6. pp. 26-32. ISSN 3062-9454
3062-9454_1_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan studi awal yang memiliki tujuan untuk mengeksplorasi kelayakan penggunaan Virtual Youtuber (Vtuber) sebagai salah satu pilihan media dalam program pelatihan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah Vtuber layak dan dapat diterapkan secara efektif dalam pelaksanaan program pelatihan dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah media Vtuber mampu meningkatkan keterlibatan serta pemahaman peserta pelatihan. Metode pencarian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Vtuber memiliki karakteristik yang unik, menarik, serta inovatif yang dapat memperkaya pengalaman belajar bagi peserta yang mengikuti suatu program pelatihan. Dengan demikian penggunaan karakter Vtuber dalam program pelatihan dapat menjadi salah satu bentuk kreativitas yang menarik dan efektif dalam menyampaikan materi kepada peserta pelatihan, terutama dengan memperhatikan integrasi yang tepat dengan pengajar manusia dan pemilihan karakter yang sesuai.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vtuber, Media pembelajaran, Program pelatihan, Educational program planning, Nonprint media, Virtual reality |
Subjects: | Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 09:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 09:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49827 |