Seira, Putri Azizah (2024) Systematic literature review: penelitian tentang media sosial sebagai media pembelajaran microlearning selama pandemi tahun 2019-2022. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1 (1): 5. pp. 20-25. ISSN 3062-9454
3062-9454_1_1_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (628kB)
Abstract
Penelitian mengenai media sosial sebagai media pembelajaran microlearning selama pandemi tahun 2019-2022 memiliki tujuan: (1) menguraikan peta perkembangan berdasarkan jumlah publikasi, (2) mengurutkan 10 artikel dengan sitasi yang terbanyak; (3) meninjau peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan bibliometrik menggunakan VOSviewer. Aplikasi Publish or Perish digunakan untuk menghimpun sumber data mengenai topik media sosial sebagai media pembelajaran microlearning pada tahun 2019-2022. Google scholar digunakan sebagai database untuk mencari sumber data. Hasil artikel yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 27 publikasi artikel selama periode tahun 2019 hingga 2022. Artikel dengan judul ‘Role of Library Professionals in a Pandemic Situation Like COVID-19’ menjadi perangkat pertama artikel dengan sitasi tertinggi, dan kata kunci covid menjadi istilah yang paling banyak muncul pada publikasi tahun 2019-2022 berdasarkan kata kunci terkait.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Media pembelajaran, Microlearning, covid, Educational technology, Learning methods, Multimedia instruction |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Applications Software Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 09:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 09:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49825 |