Systematic literature review : peran lingkungan sekolah inklusi dalam meningkatkan perkembangan anak berbakat (gifted)

Alysa, Magdalena and Anisa, Dian Artikasari and Ayqina, Mafazania and Suparmi, Suparmi (2024) Systematic literature review : peran lingkungan sekolah inklusi dalam meningkatkan perkembangan anak berbakat (gifted). Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1 (1): 4. pp. 15-19. ISSN 3062-9454

[thumbnail of 3062-9454_1_1_2024-4.pdf] Text
3062-9454_1_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (282kB)

Abstract

Manusia diciptakan dengan perbedaan yang signifikan satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat berupa bentuk tubuh, kepribadian, minat serta bakat, sampai kesehatan jasmani dan rohaninya. Setiap anak yang mempunyai bakat secara alamiah memiliki ciri khasnya sendiri dan cenderung berbeda dengan orang lain. Anak berbakat adalah seorang manusia yang dianugerahi oleh Tuhan karena mempunyai kemampuan yang lebih unggul dari anak normal pada umumnya. Gifted and Talented Children mengacu pada individu yang menunjukkan potensi atau kecakapan yang luar biasa di atas rata-rata dalam berbagai bidang seperti kecerdasan intelektual, kreativitas, seni, kepemimpinan, atau prestasi akademis. Gifted and talented juga merupakan individu yang terbilang unik, salah satu keunikannya terdapat pada sosial emosionalnya. Sosial emosional anak-anak berbakat dan berprestasi tinggi (gifted and talented children) mencakup berbagai aspek yang terkait dengan kehidupan sosial dan keadaan emosional mereka. Kecerdasan emosional diartikan sebagai kesadaran diri, pengendalian impuls, ketekunan dalam menghadapi kesulitan, empati, dan kompetensi sosial. Faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dapat dikatakan anak berbakat yaitu faktor genetik, biologis serta lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan lingkungan sekolah yang merupakan faktor eksternal untuk mengoptimalkan anak berbakat agar dapat menyesuaikan kemampuannya di sekolah dengan anak lainnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah sangat membantu untuk perkembangan anak berbakat. Karena sekolah inklusi dapat menyesuaikan secara baik antara anak berbakat dengan anak normal lainnya. Hal ini dapat membantu perkembangan sosial maupun emosional anak berbakat agar dapat beradaptasi dengan anak lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak gifted, Lingkungan sekolah, Perkembangan, Akses setara, Pendidikan inklusif, Gifted children, Development, Access to education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 19 Oct 2024 09:32
Last Modified: 19 Oct 2024 09:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49823

Actions (login required)

View Item
View Item