Salman, Yafi and Ikhwan, Rahman and Ramadhanul, Ikhsan and Afnibar, Afnibar and Ulfatmi, Ulfatmi (2023) Motivasi belajar menurut perspektif Alquran. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (1): 9. pp. 66-79. ISSN 3025-8685
3025-8685_1_1_2023-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (632kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa menurut perspektif Alquran. Penelitian ini menggunakan metode literatur review yang mana memungkinkan seorang peneliti untuk melakukan identifikasi atas suatu terori atau metode, mengembangkan suatu teori atau metode, mengidentifikasi kesenjangan yang terjadi antara suatu teori dengan relevansi di lapangan/terhadap suatu hasil penelitian. Dalam bidang pendidikan, tidak diragukan lagi bahwa keberadaan al-Qur’an telah memperngaruhi sistem pendidikan. Dengan mempelajari al-quran dapat memberi inspirasi dan motivasi dalam aspek kehidupan. Diperoleh ayat-ayat al-quran yang berhubungan dengan motivasi yaitu QS. al-Mujadalah: 11, QS. al-Kahfi: 66-67, QS. al-'Alaq: 1-5, QS. al-Nahl: 78, QS. al-Luqman: 17-19, dan al-Ra’d: 11. Dengan memahami pesan-pesan al-Quran tentang motivasi belajar, siswa dapat menggali kebijaksanaan spiritual dan mengaplikasikannya dalam perjalanan mereka untuk mempelajari dan memahami alam semesta.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Perspektif, Alquran, Self efficacy, Islamic religious education, Islamic literature |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 05:59 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49640 |