Ahmad, Muktamar and Muhammad, Yani and Ambo, Lipu and Andi, Muhammad Syawal and Sajidah, Sajidah (2023) Tantangan implementasi asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (1): 8. pp. 55-65. ISSN 3025-8685
3025-8685_1_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (339kB)
Abstract
Asesmen memainkan peran sentral dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan menghadirkan perubahan signifikan dalam paradigma pendidikan. Peran asesmen dalam mencapai kompetensi peserta didik tidak lagi terbatas pada pengukuran hasil akademis semata, melainkan juga menjadi instrumen dinamis untuk memahami keterampilan, karakter, dan kreativitas siswa. Diversifikasi jenis asesmen, termasuk keterlibatan siswa dalam penilaian sejawat, memberikan kesempatan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan berpusat pada siswa. Dengan demikian, kesimpulan utama dari diskusi ini adalah bahwa asesmen yang efektif dan inovatif dapat menjadi pendorong utama kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam menavigasi perubahan dan tantangan, asesmen menjadi alat yang memandu dan membentuk pendidikan menuju tujuan yang lebih adaptif dan relevan. Melalui perhatian terus-menerus terhadap inovasi dalam asesmen. Kurikulum Merdeka memiliki potensi untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kreatif, mandiri, dan siap menghadapi tuntutan masa depan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Asesmen, Educational evaluation, Educational innovations, Curriculum evaluation |
Subjects: | Administration & Management > Public Administration & Government Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 05:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49639 |