Sesila, Ina Harut and Sitti, Anggraini (2023) Gambaran disiplin belajar pada peserta didik sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (1): 7. pp. 47-54. ISSN 3025-8685
3025-8685_1_1_2023-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran disiplin belajar peserta didik di SMP Negeri Alok Maumere. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran disiplin belajar peserta didik berada pada kategori sedang berjumlah 26 orang, dengan presentase 50,9%, artinya sebagian peserta didik sudah memiliki disiplin belajar. Sedangkan sebagian peserta didik belum memiliki disiplin belajar hal ini dilihat dari indikator yang ditemukan yaitu indikator tepat waktu dalam belajar yang mencakup datang dan pulang tepat waktu, mean sebesar 21,25, indikator tidak meninggalkan kelas, mean sebesar 19,84, indikator menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditetapkan dan disiplin dalam mempersiapkan perlengkapan belajar mean sebesar 20,74. Berdasarkan Hasil uji beda (uji t) pada jenis kelamin ditemukan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dengan hasil signifikansi 0,126 (0.126 > 0,05) yang artinya baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam menjalankan disiplin belajar. Dilihat dari tempat tinggal yakni tinggal bersama orang tua dengan hasil uji mean 64,5 lebih tinggi yang artinya peran orang tua sangat penting untuk mendukung disiplin belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, Peserta didik, SMPN Alok Maumere, Educational management, Student attitudes, School discipline |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 05:45 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 05:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49637 |