Rahmi, Muthia and Rahmi, Hidayati and Putri, Indah Sayakti and Rizka, Ayu Wahyuni (2024) Pendampingan UMKM kopi jahe Arab Martapura melalui pelatihan peningkatan kualitas produk. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (9): 21. pp. 3992-4000. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_9_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (542kB)
Abstract
Kopi sebagai salah satu komiditas Perkebunan Indonesia yang memiliki potensi pengembangan masih sangat baik, mengingat konsumsi kopi di Indonesia masih sangat tinggi. Saat ini, pengembangan produk kopi pengaron khas martapura masih belum belum maksimal. Melakukan peningkatan kualitas produk dengan meningkatkan jumlah variasi ukuran produk, dan redesign kemasan yang lebih menarik. Tim Mitra adalah UMKM Kopi Jahe Arab Martapura dengan tahapan yang dilakukan terdiri dari persiapan kegiatan, sosialisasi inovasi produk, redesign kemasan, pendampingan dan evaluasi. Inovasi produk yang dilakukan berkaitan dengan variasi ukuran dan perubahan design kemasan yang lebih modern. Terdapat tiga variasi ukuran yaitu kemasan sachet (10 gram/sachet), ukuran 100 gram dan 250 gram. Hasil evaluasi terkait tingkat pengetahuan yang dilakukan sebelum dan setelah sosialisasi kegiatan mengalami peningkatan untuk kategori baik dari 14,29 % menjadi 71,43 %, kategori cukup dari 42,86 % menjadi 28,57 % dan kategori kurang dari 42,86 % menjadi 0%. Produk yang dihasilkan berupa kopi jahe arab yang ditingkatkan kualitas produknya dan dapat diperjualbelikan dalam skala yang lebih luas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Kopi, Pengaron, Martapura, Produk, Small scale enterprises, Quality of product, Coffee |
Subjects: | Economics and Business > Minority Enterprises Agriculture & Food > Agronomy, Horticulture, & Plant Pathology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49589 |