NLP, Inca Buntari Agustini and Israfil, Israfil and Ni, Putu Ayu Ratna Dewi and I, Wayan Darsana and Putu, Cintariasih and Ni, Wayan Suryani and Ketut, Citra Paramitasari and Herry, Suwaja Cahyadi (2024) Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan literasi remaja tentang kesehatan mental. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (9): 17. pp. 3945-3958. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_9_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (889kB)
Abstract
Data menyebutkan satu dari tujuh anak berusia 10-19 tahun mengalami gangguan mental, terhitung 13% dari beban penyakit global dalam kelompok usia remaja dan merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan mental. Perilaku yang terkait dengan kesehatan mental yang buruk adalah kurangnya keterlibatan baik dengan kegiatan belajar dan rekreasi serta literasi kesehatan mental. Intervensi pendidikan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan remaja mengenai konsep kesehatan mental. Intervensi ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan partisipan mengenai konsep dasar kesehatan mental. Tujuan setelah dilakukan penelitian dan pendidikan kesehatan diharapkan siswa SMP Negeri 2 Susut Bangli dapat memiliki pengetahuan mengenai konsep dasar kesehatan mental. Dari intervensi ini diharapkan pengetahuan remaja mengenai konsep dasar kesehatan mental bertambah. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendidikan kesehatan. Jumlah siswa-siswa yang diberikan pendidikan kesehatan sebanyak 50 orang. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test didapatkan Zhitung = 6,188 > Ztabel = 1,96 dan nilai p value = 0,000 < 0,05 hasil ini menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang pengetahuan tentang kesehatan jiwa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Susut Bangli sehingga dapat disimpulkan hasil bahwa ada peningkatan pengetahuan partisipan dalam intervensi literasi meningkatkan kesehatan mental ini. Penerapan IPE dalam pendidikan kesehatan jiwa meningkatkan pengetahuan siswa serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa remaja. Perlu usaha yang konsisten dan pendekatan multilevel untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kesehatan, Literasi kesehatan mental, Remaja, Mental health, Adolescents, Health education, Literacy, Secondary education |
Subjects: | Health Resources > Health Education & Manpower Training Medicine & Biology > Psychiatry |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:43 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49584 |