Peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan strategi Index Card Match

Fery, Irianto Setyo Wibowo (2024) Peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan strategi Index Card Match. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 12. pp. 152-167. ISSN 3025-8685

[thumbnail of 3025-8685_1_2_2024-12.pdf] Text
3025-8685_1_2_2024-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas namun dikemas secara sederhana. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta dan Guru Al-Qur’an Hadist. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa terhadap dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan rata-rata 76% yang dilakukan dengan menggunakan strategi Index Card Match, dari siklus I sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa ada perubahan positif dari tiap siklus. Hal ini terbukti dari nilai yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata alternatif “Ya” sebesar 42%. Berada pada interval 40%-55% tergolong kurang baik. Pada siklus I, jawaban alternatif “Ya” diperleh rata-rata 56% berada pada interval 40%-56% tergolong kurang baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh jawaban alternatif “Ya” diperoleh rata-rata 76% berada pada interval 76%-100% tergolong sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Index Card Match, Al-Qur’an Hadist, Islamic education, Motivation, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:00
Last Modified: 18 Oct 2024 02:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49463

Actions (login required)

View Item
View Item