Abul, Mafaakhir and Moh., Muslih and Titien, Soewastiningsih Soebari (2024) Evaluasi model CIPP pada program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 10. pp. 131-142. ISSN 3025-8685
3025-8685_1_2_2024-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan berhasil mencapai tujuannya, meskipun terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut program ini, termasuk pengayaan materi ajar, pelatihan berkelanjutan bagi tenaga pengajar, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, dan peningkatan kerjasama dengan komunitas lokal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Model CIPP, Moderasi beragama, evaluation methodology, Models, Religions |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Muhammad Naufal Firmansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49459 |