Evaluasi model CIPP pada program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan

Abul, Mafaakhir and Moh., Muslih and Titien, Soewastiningsih Soebari (2024) Evaluasi model CIPP pada program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 10. pp. 131-142. ISSN 3025-8685

[thumbnail of 3025-8685_1_2_2024-10.pdf] Text
3025-8685_1_2_2024-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan moderasi beragama di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan berhasil mencapai tujuannya, meskipun terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan. Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut program ini, termasuk pengayaan materi ajar, pelatihan berkelanjutan bagi tenaga pengajar, pengembangan kegiatan ekstrakurikuler, dan peningkatan kerjasama dengan komunitas lokal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Model CIPP, Moderasi beragama, evaluation methodology, Models, Religions
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:50
Last Modified: 18 Oct 2024 01:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49459

Actions (login required)

View Item
View Item