Zamroni, Zamroni and Muhlisin, Muhlisin (2024) Revolusi digital pendidikan: tantangan dan peluang dalam menghadapi era teknologi informasi. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 7. pp. 76-88. ISSN 3025-8685
3025-8685_1_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (428kB)
Abstract
Dengan munculnya teknologi digital seperti komputer, internet, ponsel, dan aplikasi, telah terjadi pergeseran besar dalam cara pendidikan dan pembelajaran. Pergeseran ini dikenal sebagai revolusi digital dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tantangan dan prospek pendidikan yang terkait dengan era teknologi saat ini. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Transkrip catatan observasi dan rekaman wawancara digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sekolah MTs. Agung Alim Blado adalah responden. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi di sekolah ini sangat membantu guru dan siswa dalam proses pendidikan. Para guru memberikan materi dengan cepat, rinci, dan tepat. Siswa juga semakin tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar. Ini memberikan keuntungan bagi sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Revolusi digital, Tantangan, Peluang, Pendidikan, Teknologi informasi, Information technology, Electronic learning, Digital communications |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Muhammad Naufal Firmansyah |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49454 |