Revolusi digital pendidikan: tantangan dan peluang dalam menghadapi era teknologi informasi

Zamroni, Zamroni and Muhlisin, Muhlisin (2024) Revolusi digital pendidikan: tantangan dan peluang dalam menghadapi era teknologi informasi. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 7. pp. 76-88. ISSN 3025-8685

[thumbnail of 3025-8685_1_2_2024-7.pdf] Text
3025-8685_1_2_2024-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (428kB)

Abstract

Dengan munculnya teknologi digital seperti komputer, internet, ponsel, dan aplikasi, telah terjadi pergeseran besar dalam cara pendidikan dan pembelajaran. Pergeseran ini dikenal sebagai revolusi digital dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tantangan dan prospek pendidikan yang terkait dengan era teknologi saat ini. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Transkrip catatan observasi dan rekaman wawancara digunakan untuk menganalisis data. Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sekolah MTs. Agung Alim Blado adalah responden. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi di sekolah ini sangat membantu guru dan siswa dalam proses pendidikan. Para guru memberikan materi dengan cepat, rinci, dan tepat. Siswa juga semakin tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar. Ini memberikan keuntungan bagi sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Revolusi digital, Tantangan, Peluang, Pendidikan, Teknologi informasi, Information technology, Electronic learning, Digital communications
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:20
Last Modified: 18 Oct 2024 01:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49454

Actions (login required)

View Item
View Item