Konsep analogi dalam al-Qur’an: representasi hudan dalam perspektif IT (Information Technology)

Khotimatul, Maulidah (2024) Konsep analogi dalam al-Qur’an: representasi hudan dalam perspektif IT (Information Technology). Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 5. pp. 56-65. ISSN 3025-8685

[thumbnail of 3025-8685_1_2_2024-5.pdf] Text
3025-8685_1_2_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (734kB)

Abstract

Al-Qur'an mencakup berbagai pengetahuan, termasuk amsal al-Qur’an yang ditemukan dalam teksnya. Amsal al-Qur’an ini menawarkan ekspresi yang ringkas dan fasih, membuat ide-ide abstrak dapat diakses dan dihubungkan. Amsal al-Qur’an menjadi pelajaran berharga bagi mereka yang ingin mempelajarinya. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan interpretasi dan analogi. Hasilnya, penelitian ini menyebutkan bahwa; Pertama, konsep hudan dalam al-Qur’an memiliki makna yang beragam, bergantung pada konteks ayat yang menjelaskan hal tersebut. Apabila dibagi menjadi beberapa bentuk, maka konsep hudan dalam al-Qur’an terbagi ke dalam bentuk-bentuk, seperti; klasifikasi hudan, tingkatan hudan, kriteria orang yang mendapatkan hudan, dan penyebab terhalangnya seseorang mendapatkan hudan. Kedua, konsep hudan dalam al-Qur’an jika dianalogikan dalam konteks media IT (information technology) maka dapat diserupakan dengan penggunaan mesin cuci dalam konteks; fungsi dan tujuan, operasionalisasi, dan penyebab tidak berjalannya secara optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Hudan, Amtsal Al-Qur’an, Media IT, dan Mesin cuci, Information Technology, Information Media, Islamic law
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Theory
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:05
Last Modified: 18 Oct 2024 01:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49450

Actions (login required)

View Item
View Item