Pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam

Mohammad, Jafar and Erniati, Erniati and Muhammad, Nur Korompot (2024) Pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Cigarskruie), 1 (2): 4. pp. 41-55. ISSN 3025-8685

[thumbnail of 3025-8685_1_2_2024-4.pdf] Text
3025-8685_1_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penilaian formatif, pemberian umpan balik dan tindak lanjutnya dalam proses pembelajaran PAI di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian formatif dalam proses pembelajaran PAI terlaksana dengan baik mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan. Hambatan yang dirasakan antara lain, faktor waktu, perbedaan karakteristik, dan kurangnya kompetensi peserta didik pada beberapa aspek
penilaian. Adapun umpan balik yang diberikan berbentuk lisan baik secara individu maupun berkelompok dengan mengandung unsur perhatian, pujian, klarifikasi, dan saran. Secara proses, umpan balik dilakukan sudah cukup efektif karena telah berfokus pada tujuan, tepat waktu, secara spesifik, dan dilakukan secara professional, tetapi belum sepenuhnya memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian formatif, Proses pembelajaran, Pendidikan agama islam, Evaluation, Education, Islamic religious education
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 12:31
Last Modified: 17 Oct 2024 12:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49448

Actions (login required)

View Item
View Item