Khusnul, Khotimah and Esti, Untari and Tomy, Rizky Izzalqurny (2024) Business planning bagi mahasiswa asrama PGSD Universitas Negeri Malang sebagai perwujudan decent work and economic growth of SDG’s goals. Dedikasi Cendekia: Warta Pengabdian Pendidikan, 1 (1): 6. pp. 30-36. ISSN 3062-6803
3062-6803_1_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (418kB)
Abstract
Salah satu tujuan SDG’s yang ke delapan yaitu decent work and economic growth (pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi). Tujuan SDG’s tersebut dapat dimaknai bahwa kesejahteraan manusia akan tercapai apabila memiliki pekerjaan yang layak. Atas kebutuhan tersebut, perlulah seluruh pemangku kepentingan untuk dapat menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan tersebut, perlulah adanya partisipasi dan kolaborasi antar lembaga/sektor, tak terkecuali partipasi dari perguruan tinggi. Salah satu peran perguruan tinggi dalam mendukung perwujudan tujuan SDG’s tersebut, yaitu pemberdayaan mahasiswa yang tinggal di asrama kampus dengan memberikan pengalaman (softskill) kepada mahasiswa di bidang edupreneurship (kewirausahaan). Oleh karena itu dilakukan pendampingan penyusunan business planning bagi mahasiswa asrama kampus Universitas Negeri Malang. Hasil yang diperolah dari kegiatan tersebut yaitu mahasiswa asrama dapat menghasilkan delapan rencana bisnis/usaha yang prospektif yang diwujudkan dalam business model canvas (BMC).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa asrama, Rencana bisnis, BMC, Kewirausahaan, Tujuan SDG’s, College students, Management methods, Corporate strategy |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business |
Depositing User: | Wisna Romdona |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 05:26 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 05:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49419 |