Penerapan algoritma Apriori pada usaha thrifting

Alifia, Azzahra and Dudih, Gustian (2024) Penerapan algoritma Apriori pada usaha thrifting. Jurnal Komputer dan Sistem Informasi (KOMISI), 1 (2): 4. pp. 68-75. ISSN 3062-6668

[thumbnail of 3062-6668_1_2_2024-4.pdf] Text
3062-6668_1_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (484kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, algoritma Apriori digunakan pada platform e-commerce Random Thrift untuk mengevaluasi jumlah produk fashion bekas yang dijual. Ada penurunan yang signifikan dalam pendapatan bulanan dari Mei hingga Juli 2023. Analisis pola transaksi menemukan kombinasi produk terlaris, seperti jaket & hoodie dan tracktop & hoodie, yang sangat laris. Aturan asosiasi yang mendukung strategi pemasaran dibuat melalui penggunaan algoritma Apriori melalui RapidMiner. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian, memahami pola asosiasi konsumen dapat meningkatkan penjualan. Untuk mengatasi penurunan pendapatan dan mendukung perkembangan perusahaan, Random Thrift disarankan untuk menerapkan strategi pemasaran yang didasarkan pada temuan ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data mining, Algoritma apriori, Rappidminer, Thrifting, Assosiation rule, Knowledge discovery in databases, Data acquisition and Database searching, Computerized tomography
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Computer Software
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:59
Last Modified: 17 Oct 2024 07:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49392

Actions (login required)

View Item
View Item