Alifia, Azzahra and Dudih, Gustian (2024) Penerapan algoritma Apriori pada usaha thrifting. Jurnal Komputer dan Sistem Informasi (KOMISI), 1 (2): 4. pp. 68-75. ISSN 3062-6668
3062-6668_1_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (484kB)
Abstract
Dalam penelitian ini, algoritma Apriori digunakan pada platform e-commerce Random Thrift untuk mengevaluasi jumlah produk fashion bekas yang dijual. Ada penurunan yang signifikan dalam pendapatan bulanan dari Mei hingga Juli 2023. Analisis pola transaksi menemukan kombinasi produk terlaris, seperti jaket & hoodie dan tracktop & hoodie, yang sangat laris. Aturan asosiasi yang mendukung strategi pemasaran dibuat melalui penggunaan algoritma Apriori melalui RapidMiner. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian, memahami pola asosiasi konsumen dapat meningkatkan penjualan. Untuk mengatasi penurunan pendapatan dan mendukung perkembangan perusahaan, Random Thrift disarankan untuk menerapkan strategi pemasaran yang didasarkan pada temuan ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data mining, Algoritma apriori, Rappidminer, Thrifting, Assosiation rule, Knowledge discovery in databases, Data acquisition and Database searching, Computerized tomography |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Computers, Control & Information Theory > Computer Software Computers, Control & Information Theory > Applications Software Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Muhammad Naufal Firmansyah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 07:59 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 07:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49392 |