Pengembangan media prezi untuk pemahaman nilai-nilai Pancasila sila ke-2 pada pembelajaran tematik muatan PPKn kelas III SD Negeri Baran Bantul Yogyakarta

Diva, Ayu Handani and Wachid, Pratomo and Nadziroh, Nadziroh (2023) Pengembangan media prezi untuk pemahaman nilai-nilai Pancasila sila ke-2 pada pembelajaran tematik muatan PPKn kelas III SD Negeri Baran Bantul Yogyakarta. Journal of Contemporary Issues in Primary Education (JCIPE), 1 (1): 5. pp. 32-40. ISSN 3026-4014

[thumbnail of 3026-4014_1_1_2023-5.pdf] Text
3026-4014_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran Prezi dalam pembelajaran tematik muatan PPKn guna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai nilainilai Pancasila sila kedua, 2) mengetahui uji kelayakan media pembelajaran Prezi dalam pembelajaran tematik muatan PPKn guna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai Pancasila sila kedua dengan pokok bahasan pengamalan sila kedua Pancasila (menghargai keberagaman karakteristik). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada tahap define adalah observasi dan wawancara serta pada tahap develop adalah menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Media Prezi untuk Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Sila ke-2 pada Pembelajaran Tematik Muatan PPKn Kelas III SD Negeri Baran Yogyakarta pokok bahasan pengamalan sila kedua Pancasila (menghargai keberagaman karakteristik) memperoleh hasil kelayakan media dengan kecenderungan produk berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa kriteria: Sangat Baik (60%), Baik (40%), Kurang (0%), dan Cukup (0%). Kemudian, kelayakan terhadap materi yang terdapat pada media pembelajaran Prezi yang dikembangkan yaitu: Sangat Baik (61%), Baik (39%), Kurang (0%), dan Cukup (0%). Dari kriteria yang telah didapatkan tersebut dapat disimpulkan bahwa media Prezi layak untuk digunakan pada pembelajaran tematik muatan PPKn dengan pokok bahasan menghargai keberagaman karakteristik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media prezi, Pembelajaran PPKn, Aid institutions, Communication media, Civic Education
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Wisna Romdona
Date Deposited: 15 Oct 2024 12:30
Last Modified: 15 Oct 2024 12:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49389

Actions (login required)

View Item
View Item