Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi peer lessons pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Kalangsari

Mochammad, Delfianova Kirana and Yus, Darusman and Febri, Fajar Pratama (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi peer lessons pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Kalangsari. Journal of Contemporary Issues in Primary Education (JCIPE), 1 (1): 3. pp. 16-20. ISSN 3026-4014

[thumbnail of 3026-4014_1_1_2023-3.pdf] Text
3026-4014_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (320kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SDN 2 Kalangsari. Nilai rata-rata hasil tes siswa pada pembelajaran IPS masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Pada tahun ajaran 2022–2023, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS. hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalangsari Kota Tasikmalaya dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lessons. Penelitian tindakan kelas adalah jenis penelitian ini. Subjek penelitian adalah 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan kelas IV SD Negeri 2 Kalangsari Kota Tasikmalaya pada semester genap tahun ajaran 2022–2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Tes dan observasi merupakan metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Sebanyak 75% siswa yang mengikuti proses pembelajaran memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Peningkatan hasil belajar IPS ini menjadi tanda keberhasilan penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peer lessons meningkatkan hasil belajar IPS. Setelah tindakan siklus I, 7 siswa (38,89%) tidak tuntas, sedangkan 11 siswa (61,11%) mencapai ketuntasan. Setelah kegiatan siklus II, terdapat 3 siswa (16,67%) dan 15 siswa (83,33%) yang belum tuntas belajarnya. Berdasarkan temuan penelitian, dapat dikatakan bahwa peneliti memiliki pemahaman yang jelas tentang lingkungan kelas. Oleh karena itu, peneliti dan guru kelas bekerja sama untuk menyusun rencana tindakan yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran IPS, strategi pembelajaran Peer Lessons.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Wisna Romdona
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:53
Last Modified: 15 Oct 2024 06:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49387

Actions (login required)

View Item
View Item