Asep, Deni Iskandar and I, Gede Nyoman Wisnu Satyadharma and Deden, Maulana and Marisa, Astuti and Agus, Hakim (2024) Pengembangan media promosi potensi wisata di Desa Karyawangi melalui pelatihan mobile videografi kepada kelompok sadar wisata. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (9): 6. pp. 3816-3826. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_9_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (385kB)
Abstract
Desa wisata yang dibangun dengan menggunakan strategi berbasis masyarakat harus melibatkan peran serta warga. Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di desa, seperti halnya di desa Karyawangi Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat menjadi subjek yang sangat penting dalam pengembangan desa wisata. Masyarakat yang berperan langsung harus memasarkan atau mempromosikan objek yang berpotensi dapat dijadikan distinasi wisata kepada dunia luar. Salah satu media untuk mempromosikan tempat wisata melalui videografi. Permasalahan yang timbul, masyarakat di desa Karyawangi kurang terampil dalam membuat konten video yang menarik. Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam membuat videografi yang menarik, maka diadakan pelatihan videografi. Pelatihan videografi untuk pengurus Pokdarwis ini menggunakan metode PLA dan dilaksanakan beberapa tahapan. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini berupa peningkatan kemampuan peserta dalam membuat konten videografi yang menarik untuk kebutuhan promosi desa wisata.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Videografi, Promosi, Tourist industry, Tourism development, Promotion, Video recording |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Urban & Regional Technology & Development > Recreation Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:37 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49268 |