Hubungan kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Kampung

Thrisia, Monica and Moza, Suzana (2024) Hubungan kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Kampung. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (9): 32. pp. 3833-3843. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_9_2024-32.pdf] Text
2655-2728_6_9_2024-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)

Abstract

Tingkat kepuasan peserta BPJS yang diukur melalui survei kepuasan peserta dan badan usaha yang diselenggarakan oleh SWA-Bussiness Digest. Berdasarkan hasil survei diperoleh indeks tingkat kepuasan peserta tahun 2020 sebesar 81,5%, meningkat dari tahun 2019 sebesar 80,1%. Artinya 8 dari 10 peserta merasa puas terhadap layanan BPJS Kesehatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Tanah Kampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling. Populasi pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pasien pengguna BPJS di puskesmas Tanah Kampung, data yang didapat yaitu 138 orang dengan jumlah sampel sebanyak 58 responden. Penelitian ini telah dilakukan di Puskesmas Tanah Kampung Kota Sungai Penuh. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 21 Agustus - 04 September Tahun 2023. Didapatkan hasil bahwa lebih dari separuh 37 (63,8%) responden dengan kepuasan pasien pengguna BPJS kurang puas, lebih dari separuh 36 (62,1%) responden dengan kualitas pelayanan kesehatan kurang berkualitas dengan hasil uji statistic (Chi Square) diperoleh nilai p=0.002 (p<0.05). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Tanah Kampung Tahun 2023. Saran peneliti dari hasil penelitian terhadap perawat adalah agar berdampak pada kualitas pelayanan kesehatan pengguna BPJS semakin baik sehingga, pasien akan puas dalam pelayanan yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien pengguna BPJS, Kualitas pelayanan, Quality of services, Patient satisfaction, Health Insurance
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health‑Related Costs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:37
Last Modified: 27 Sep 2024 04:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49229

Actions (login required)

View Item
View Item