Govindha, Putri and Dina, Dwi Nuryani and Nova, Muhani and Samino, Samino and Fitri, Ekasari (2024) Analisa faktor kepuasan pasien poli rawat jalan RSIA Prima Qonita Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (9): 27. pp. 3765-3776. ISSN 2655-2728
2655-2728_6_9_2024-27.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (234kB)
Abstract
Industri pelayanan kesehatan saat ini telah bergerak menuju peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Manajer pelayanan kesehatan harus memasukan kegiatan perawatan yang berpusat pada pasien sebagai komponen utamanya. Kepuasaan pasien menjadi alat peningkatan kualitas untuk kinerja organisasi sarana kesehatan secara keseluruhan. Rumah sakit sebagai sarana kesehatan harus mampu mewujudkan kualitas yang baik, namun masih ditemukan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit termasuk Rumah Sakit Ibu dan Anak Prima Qonita Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Menganalisis faktor kepuasan pasien poli rawat jalan RSIA Prima Qonita Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Metode yang digunakan berupa kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sample yang diambil sebanyak 388 dengan teknik accidental sampling. Variabel yang dinilai yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) dan empati (empathy). Uji bivariat menggunakan uji korelasi spearman dan multivariat menggunakan uji regresi linear. Berdasarkan hasil uji Korelasi Spearman didapatkan faktor bukti fisik (r= 0,340), faktor empati (r= 0,398), faktor kehandalan (r= 0,409), faktor daya tanggap (r= 0,447), dan faktor jaminan (r= 0,434). Hasil uji regresi linier berganda diperoleh hasil nilai p value sebesar 0,000 dan diperoleh nilai koefisien B sebesar 1,19 pada variabel empati. Masing-masing faktor bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap dan jaminan secara statistik berpengaruh terhadap kepuasan pasien pelayanan kesehatan di poli rawat jalan. Faktor yang paling dominan adalah faktor empati.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Quality of services, Health services, Patient satisfaction, Hospitals, Corporate performance |
Subjects: | Health Resources > Health Services Health Resources > Health Care Utilization |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:55 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49176 |