Seif, Firinda and Ahmad, Suryawan and Linda, Dewanti and Astika, Gita Ningrum (2024) Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan risiko masalah perilaku emosional anak. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (9): 24. pp. 3723-3732. ISSN 2655-2728
2655-2728_6_9_2024-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (223kB)
Abstract
Gadget merupakan perkembangan teknologi yang dapat membuat penggunanya menjadi ketergantungan, termasuk anak prasekolah. Gadget salah satu teknologi yang banyak diminati di berbagai kalangan, mulai dari kalangan dewasa remaja bahkan anak usia dini sudah menggunakan gadget. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya diantaranya gangguan konsentrasi belajar, gangguan perkembangan anak, gangguan tidur, gangguan penglihatan, pendengaran dan gangguan terhadap interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Ketika menggunakan gadget, anak menjadi kurang berinteraksi dan kurang berkomunikasi. Periode perkembangan anak sangat sensitif saat anak berusia 1-5 tahun, karena pada masa ini anak mengalami masa golden age atau masa emas. Proses sosial emosi melibatkan perubahan dalam hubungan orang lain, yaitu perubahan emosi dan kepribadian. Untuk mengidentikfikasi intensitas penggunaan gadget dan perilaku emosional anak serta menganalisis hubunbgan diantara keduanya. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan studi cross sectional. Jumlah sample sebanyak 112 anak dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Variabel bebas adalah intensitas penggunaan gadget yang diukur menggunakan kuesioner. Variabel terikatnya adalah risiko masalah perilaku emosional anak yang diukur dengan Kuesioner Masalah Perilaku Emosioanal (KMPE). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hampir separuh responden memiliki intenistas penggunaan gadget kategori tinggi, dan sebagian besar responden memiliki masalah perilaku emosional dalam kategori tinggi. Hasil uji Spearman didaptkan nilai p value 0,001 dengan nilai koefisiensi 0,312. Terdapat hubungan yang cukup dan searah antara intensitas pengggunaan gadget dengan risiko masalah perilaku emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Gresik. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget semakin meningkatkan peluang anak memiliki risiko masalah perilaku emosional dengan kategori rujuk.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku emosional anak, Anak prasekolah, Gadgets, Preschool children, Emotional stability, Emotional problems |
Subjects: | Health Resources > Environmental & Occupational Factors Medicine & Biology > Psychiatry |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 06:54 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 06:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49164 |