Sufyan, Huda and Nabila, Nailil Amalia (2024) Implementasi pembelajaran insya’ dalam meningkatkan maharah kitabah di Perguruan Tinggi Islam berbasis pesantren. Journal for Arabic and Linguistics Education (Al-Ahruf), 1 (2): 5. pp. 137-148. ISSN 3063-1688
3063-1688_1_2_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Pembealajaran insya’ selalu menjadi perbincangan hangat, karena insya’ ini terhitung matakuliah lanjutan dari urutan maharah yang 4, yakni maharah kalam, maharah istima’, maharah qira’ah dan maharah kitabah (insya’), Perguruan tinggi islam berbasis pesantren merupakan perguruan tinggi dibawah naungan pesantren, yang mayoritas mahasiswanya adalah santri pondok. Tujuan penelitian ini: Pertama, untuk menganalisa perkuliahan matakuliah insya’ di Prodi Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang. Kedua, untuk mengetahui prosedur perkuliahan dalam meningkatkan maharah kitabah di Prodi Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, pertama mahasiwa sudah banyak menguasai kosakata dan kaidah dasar bahasa arab, kedua dosen sudah melakukan metode pengajaran dengan baik, hanya saja terkendala refrensi yang minim, baik berupa buku atau file.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran insya’, Maharah kitabah, Perguruan Tinggi Islam, Islamic universities and colleges, College students, Learning materials |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 12:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 12:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49122 |