Pengaruh pembelajaran antropolinguistik terhadap optimalisasi kompetensi perawat di ruang rawat inap RSUD H. Sahudin Kutacane

Yusnaini, Yusnaini and Dina, Andriani Br Karo and Devi, Annisa Marpaung and Mariza, Elvira (2024) Pengaruh pembelajaran antropolinguistik terhadap optimalisasi kompetensi perawat di ruang rawat inap RSUD H. Sahudin Kutacane. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (9): 4. pp. 3498-3506. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_9_2024-4.pdf] Text
2655-2728_6_9_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (232kB)

Abstract

Tren globalisasi meningkatkan mobilitas manusia dan pertukaran budaya antar negara berkembang pesat di masyarakat termasuk lingkungan perawatan kesehatan. Kompetensi perawat yang rendah dapat membatasi pemberian asuhan keperawatan yang professional bagi pasien. dapat menyebabkan salah tafsir kebutuhan pasien, diagnosa yang tidak akurat dan kesalahan pengobatan. Perawat yang berkompeten dapat memberikan asuhan keperawatan yang sadar budaya, aman, dan adil untuk semua. Dukungan pembelajaran antropolinguistik merupakan suatu cara memfasilitasi pemahaman budaya dan bahasa dalam lingkup praktik keperawatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pembelajaran antropolinguistik terhadap pengembangan kompetensi perawat di Ruang Rawat Inap RSUD H. Sahudin Kutacane Kutacane. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre and post test without control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di ruang rawat inap RSUD H. Sahudin Kutacane Kutacane yang berjumlah 146 perawat dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon signed rangk test. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor pre-test pengembangan kompetensi perawat (55,2) dengan rata-rata post-test pengembangan kompetensi perawat (74,1) serta ada pengaruh implementasi pembelajaran antropolinguistik terhadap pengembangan kompetensi perawat dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,021. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi pembelajaran antropolinguistik berpeluang mendukung pengembangan kompetensi perawat. Jadi, diharapkan pihak manajerial rumah sakit memfasilitasi pelatihan rutin dan berkelanjutan dalam implementasi antropolinguistik bagi perawat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Antropolinguistik, Bahasa, Budaya, Kompetensi, Perawat, Anthropolinguistics, Nursing care, Nurses, Learning processing, Language, Culture
Subjects: Health Resources > Health Services
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Sep 2024 10:16
Last Modified: 25 Sep 2024 10:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49060

Actions (login required)

View Item
View Item