Iik, Ririn Artisari and Siti, Indarwati and Wawan, Shokib Rodli and Mohammad, Kanzunnudin (2024) Mengintegrasikan problem based learning dengan kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Gabus. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (1): 8. pp. 60-67. ISSN 3063-0169
3063-0169_1_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (396kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Gabus. Menggunakan pendekatan kualitatif naratif, penelitian ini melibatkan 10 guru, 30 siswa kelas IV dan V, serta kepala sekolah sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan PBL. Siswa menunjukkan minat dan keterlibatan yang lebih tinggi, serta peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan waktu untuk merancang pembelajaran berbasis masalah yang efektif. Dukungan dari kepala sekolah dan manajemen sangat penting untuk keberhasilan implementasi ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi PBL dan Kurikulum Merdeka dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih relevan dan bermakna bagi siswa, dengan dukungan yang tepat dari pihak sekolah dan pemerintah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Kurikulum merdeka, Keterampilan abad ke-21, Pendidikan dasar, Inovasi pembelajaran, Curriculum innovation, Educational personnel, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 05:27 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 05:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49038 |