Aplikasi “w-triangle” efektif meningkatkan pengetahuan underwear rules pada anak usia sekolah

Maya, Sari and Munaya, Fauziah and Titin, Sutini and Apriliawati, Anita and Tri, Purnawati (2024) Aplikasi “w-triangle” efektif meningkatkan pengetahuan underwear rules pada anak usia sekolah. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (9): 29. pp. 3998-4013. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_9_2024-29.pdf] Text
2746-198X_4_9_2024-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB)

Abstract

Anak usia sekolah adalah anak dengan rentang usia 7 -12 tahun berada pada tahap perkembangan baik secara kongnitif, fisik, moral, maupun sosio-emosional. Pada tahap ini dimulai dengan masuknya anak ke lingkungan sekolah dan hubungan anak dengan orang lain. Menurut data KPAI menjelaskan kasus tertinggi kekerasan seksual di tahun 2021 tercatat diantaranya pencabulan sebanyak 536 kasus (62%), pemerkosaan/persetubuhan 285 kasus (33%), pencabulan sesama jenis 29 kasus (3%), persetubuhan sesama jenis 9 kasus (1%). Pemberian edukasi pendidikan difasilitasi dengan bantuan media yang mempermudah pemahaman diantaranya seperti teks (booklet), gambar (poster), suara (radio), audio visual (video), media lainnya dapat berupa objek seperti model tiruan (mock up). Salah satu di antaranya menggunakan teknologi gawai yang berupa aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh edukasi menggunakan media booklet digital dan aplikasi“w-triangle” terhadap pengetahuan underwear rules pada anak usia sekolah di SDN Angke 05 Pagi Jakarta Barat. Desain penelitian ini menggunakan two-group pretest-posttest design without control. Sampel penelitian ini di ambil dengan cara proportionate stratified random sampling dengan jumlah 70 yang dibagi menjadi 35 anak pada kelompok edukasi booklet digital dan aplikasi “w-triangle”. Hasil penelitian didapatkan ada perbedaan pengaruh intervensi menggunakan media booklet digital dan aplikasi “w-triangle” terhadap pengetahuan underwear rules dengan p value = 0.001 (p>0.005). Ada pengaruh faktor confounding pemberian aplikasi “w-triangle” terhadap perubahan pengetahuan anak yaitu lingkungan dengan p value = 0.012 (p<0.005). Berdasarkan hasil penelitian disarankan media aplikasi dapat direkomendasikan sebagai salah satu media edukasi dalam pelayanan keperawatan anak guna mencegah kekerasan seksual pada anak usia sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak usia sekolah, Aplikasi “W-Triangle“, Booklet digital, Pengetahuan underwear rules, School age, Sexual offenses, Multimedia instruction
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:06
Last Modified: 25 Sep 2024 07:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49015

Actions (login required)

View Item
View Item