Ronal, Raharjo and Andry, Wahyulianto and Wawan, Shokib Rondli and Mohammad, Kanzunnudin (2024) Studi fenomenologi implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar Kecamatan Ngaringan. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (1): 4. pp. 26-32. ISSN 3063-0169
3063-0169_1_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman guru sekolah dasar di Kecamatan Ngaringan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk menggali makna yang diberikan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi, strategi yang mereka gunakan, serta tantangan dan peluang yang mereka hadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guruguru memiliki pemahaman yang beragam tentang pembelajaran berdiferensiasi, namun sebagian besar mengakui pentingnya strategi ini dalam mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Guru-guru telah berupaya menerapkan berbagai strategi pembelajaran berdiferensiasi, meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan pengetahuan. Dukungan dari kepala sekolah dan rekan sejawat, ketersediaan sumber belajar yang beragam, serta pelatihan tentang pembelajaran berdiferensiasi terbukti menjadi faktor pendukung yang signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan memberikan saran untuk meningkatkan praktik pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum merdeka, Sekolah dasar, Fenomenologi, Pengalaman guru, Strategi pembelajaran, Tantangan, Peluang, Curriculum content, Phenomenology, Learning methods |
Subjects: | Communication > Communication & Information Theory Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:52 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48995 |