Sepdian, Retnosari and Arif, Adiwibowo and Wawan, Shokib Rodli and Mohammad, Kanzunnudin (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia di satuan pendidikan dasar Kecamatan Wirosari. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (1): 3. pp. 19-25. ISSN 3063-0169
3063-0169_1_1_2024-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (223kB)
Abstract
Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan Dasar yang ada di SDN 1 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat pada literasi. Pengembangan kurikulum berkaitan dengan teknologi pendidikan berhubungan erat dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang akan menjabarkan data dalam pernyataan deskriptif. Data didapatkan dari beberapa penelitian terdahulu yang telah dilakukan peneliti dan kebijakan pemerintah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan diperlukan adanya langkah-langkah untuk mempercepat perkembangan kurikulum merdeka yang diimplementasikan dalam satuan pendidikan dimana guru mampu memerankan diri sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dan mengutamakan pembelajaran berbasis proyek. Dalam PMM guru harus berperan aktif membuka dan mempelajarinya. Adapun yang melatar belakangi penulis tertarik membuat jurnal dimana penulis menemukan indikasi peran guru yang belum efektif dan belum mampu mengaplikasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya literasi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pengembangan kurikulum merdeka yang menjadikan siswanya suka membaca atau berliterasi. Berdasarkan kajian pustaka dan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada kesinambungan antara kurikulum sebelumnya dan Kurikulum Merdeka serta terdapat kesamaan dan kecocokan sesuai dengan prinsip pada teknologi pendidikan. Sehingga pada implementasi Kurikulum Merdeka di Pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan minat siswa untuk berliterasi, semua ini pada dasarnya berorientasi pada peningkatan kompetensi peserta didik beserta segala sistem pendukung yang mengarah demi terwujudnya kualitas pembelajaran yang menumbuhkan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Curriculum content, Teaching materials, Indonesian language |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:44 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48993 |